Spooring & Balancing

Spooring Balancing Nissan Datsun Surabaya

Spooring dan balancing adalah dua dari sekian banyak macam servis untuk mobil Nissan atau Datsun Anda. Keduanya diperlukan untuk menjaga performa mobil agar tetap bagus, terutama untuk mobil keluaran lama dan sudah sering dipakai. Maka perawatan spooring dan balancing sangat dianjurkan. Lalu, apa sebenarnya maksud dari spooring dan balancing ini?

SPOORING

Penggunaan mobil dalam waktu yang lama akan mengubah kedudukan empat roda. Walaupun Anda tidak dapat melihatnya secara langsung, tapi Anda dapat merasakannya lewat performa mobil. Nah, spooring bertujuan untuk meluruskan kembali posisi empat roda ini seperti pengaturan awal pabrik. Biasanya dua roda depan yang akan diluruskan kembali. Oleh sebab itu, jika Anda mengganti bagian mobil yang berkaitan dengan setir ini, spooring perlu dilakukan.

Nah, selain hal di atas, kapan Anda harus melakukan spooring? Berikut kondisi mobil yang mengharuskan Anda untuk segera melakukan spooring.

  1. Jika Anda merasa permukaan ban tidak rata, misalnya ada benjolan ini artinya sistem suspensi pada mobil Anda sedang mengalami masalah. Ini bisa saja terjadi pada salah satu sisi ban maupun semuanya.
    Mungkin Anda melihat keempat ban Anda tidak sejajar dalam posisi diam. Misalnya ketika diparkir, Anda merasa roda miring atau roda depan tidak lurus dengan yang belakang. Ini menandakan posisi salah satu ban tergeser dari tempat semula.
  2. Anda merasa tidak nyaman ketika menyetir. Entah mobil terasa lebih susah dikendalikan atau Anda merasa mobil berbelok dengan gerakan yang tidak wajar. Bahkan ketika berkendara di permukaan aspal yang halus, Anda merasakan getaran yang mengganggu, itu tandanya Anda perlu membawa mobil Anda ke tempat servis untuk di-spooring.

BALANCING

Sesuai namanya, proses ini lebih ke menyeimbangkan ban mobil. Balancing bertujuan untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil. Setelah mengganti ban atau velg, mobil perlu di-balancing agar putaran bannya tetap seimbang. Juga sama seperti motor yang memerlukan perawatan khusus setelah mencapai batas kilometer tertentu, mobil juga demikian. Jika sudah mencapai batas kilometernya maka perlu dilakukan yang namanya balancing ini. tentunya setiap mobil memiliki batas kilometer yang berbeda-beda sesuai dengan karakteristik mobil itu sendiri.

Tidak seperti tune up, spooring dan balancing tidak harus dilakukan secara berkala, tapi ketika hanya dianggap perlu dilakukan. Ketika mobil Anda sudah menunjukkan tanda-tanda yang mengindikasikan ketidaknyamanan pada ban saat berkendara, maka segera bawalah ke bengkel untuk melakukan spooring maupun balancing. Semakin sering mobil Anda melaju di jalanan yang rusak atau memiliki permukaan yang kurang baik, maka kaki mobil bisa menjadi tidak seimbang. Di sinilah perlunya dilakukan spooring dan balancing. Untuk itu, sebisa mungkin hindari kondisi jalanan berlubang.

Bagi Anda yang memerlukan mobil yang tahan banting, Nissan Navara adalah salah satu produk keluaran Nissan yang paling kuat untuk penggunaan sehari-hari. Dilengkapi dengan mesin yang sudah teruji untuk membantu pergerakan mobil agar lebih efisien, walaupun di area berbatu sekalipun. Karena Nissan Navara memang dibuat untuk mengarungi medan off-road sekalipun.